Inspirasikalbar, Pontianak –
Di era digital ini, generasi Z menghadapi tantangan yang unik. Kehidupan mereka yang sangat terhubung dengan teknologi digital memunculkan isu-isu baru terkait kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis.
Penggunaan media sosial, ketergantungan pada perangkat digital, serta tekanan dari dunia virtual seringkali berdampak pada kesehatan mental mereka. Dengan meningkatnya kebutuhan akan pemahaman perilaku manusia di dunia digital, industri memerlukan tenaga ahli yang tidak hanya memahami psikologi, tetapi juga mampu mengintegrasikan teknologi dan data untuk memberikan solusi yang efektif.
Menyadari pentingnya hal ini, BINUS @Malang mengambil langkah strategis dengan meluncurkan program baru yang inovatif, yaitu Digital Psychology. Program ini hadir untuk menjawab kebutuhan Gen Z yang semakin membutuhkan pendekatan baru dalam menghadapi tantangan psikologis di era digital.
Program ini sekaligus membekali mereka dengan keterampilan yang relevan di dunia kerja yang terus berkembang. Program ini diresmikan pada tanggal 25 September 2024 dalam acara Studium Generale and Launching New Program yang digelar di kampus BINUS @Malang.
Acara tersebut berlangsung dari pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Peluncuran program ini dikemas dalam sebuah acara yang menggabungkan peresmian sekaligus talkshow bertajuk “Leveraging Technology Through People for a Connected Future.”
Acara ini dirancang untuk mengeksplorasi lebih jauh peran penting ilmu psikologi dalam perkembangan teknologi digital. Selain itu, sesi ini bertujuan memberikan platform bagi para ahli untuk berbagi wawasan mengenai integrasi antara kesehatan mental dan teknologi.
Setelah sambutan dari Direktur Kampus, acara dilanjutkan dengan sesi talkshow. Talkshow tersebut menggali lebih dalam tentang bagaimana ilmu data science dan gamification telah berkembang.
Sesi ini juga membahas bagaimana penerapannya dapat menunjang produktivitas, khususnya dalam konteks psikologi. Para peserta talkshow juga diajak berdiskusi tentang keunggulan lulusan Digital Psychology saat berkarier di bidang data science.
Selain itu, mereka juga membahas tantangan yang bisa mereka hadapi di lapangan. Sesi talkshow ini menghadirkan Junialdi Dwijaputra, Head of Business – Gamification dari Agate.
Junialdi adalah seorang pakar dalam bidang data science dan gamification. Dalam pernyataannya, Junialdi menyampaikan, “Saya percaya bahwa data science memiliki hubungan yang erat dengan bagaimana aplikasi dan teknologi dapat mempengaruhi suasana hati serta kesehatan mental penggunanya.”
Ia juga menambahkan bahwa dirinya sangat senang diundang sebagai narasumber. Ia merasa bangga dapat berbagi pengalamannya dalam industri ini.
Talkshow ini tidak hanya memberikan wawasan baru kepada para peserta. Namun, acara ini juga menegaskan komitmen BINUS @Malang dalam mempersiapkan lulusannya untuk menghadapi tantangan masa depan.
Tantangan tersebut datang baik dari segi teknologi maupun kesejahteraan mental. Setelah sesi diskusi dan tanya jawab, acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai program Digital Psychology.
“Pembukaan program Digital Psychology merupakan langkah penting dalam menjawab kebutuhan industri dan masyarakat yang semakin mengandalkan teknologi digital.” Ujar Raymond Godwin, S.Psi., M.Si., selaku Deputy Dean Faculty of Humanities.
Program ini dirancang untuk melahirkan generasi profesional yang tidak hanya memahami ilmu psikologi secara mendalam. Lulusan juga diharapkan mampu memanfaatkan teknologi dan data untuk menciptakan solusi berbasis digital dalam meningkatkan kesejahteraan mental.
Direktur kampus BINUS @Malang menjelaskan bagaimana kurikulum program ini disusun untuk mencapai tujuan utamanya. Tujuan utama tersebut adalah mengintegrasikan ilmu psikologi dengan pengembangan teknologi agar produk dan layanan yang dihasilkan mampu menjaga kesejahteraan mental pengguna.
Dengan demikian, lulusan program studi ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan industri yang semakin berkembang. Mereka juga akan memiliki keterampilan yang menggabungkan teknologi dan pemahaman mendalam tentang psikologi manusia.
“Data menjadi kunci untuk memahami bagaimana teknologi bisa mempengaruhi kesejahteraan mental masyarakat.” Demikian penjelasan dari pihak kampus mengenai pentingnya data dalam pengembangan solusi.
Melalui program Digital Psychology, lulusan akan memahami bagaimana data dapat memberikan informasi yang lebih objektif. Selain itu, lulusan diharapkan menjadi Digital Technopreneur yang mampu mengembangkan solusi inovatif berbasis teknologi.
Tidak hanya di bidang psikologi, mereka juga diharapkan dapat memajukan industri digital secara keseluruhan. Para lulusan diharapkan dapat menjadi pelopor dalam menciptakan produk dan layanan yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental.
Mereka juga diharapkan menghasilkan solusi yang memiliki nilai bisnis yang tinggi di era digital ini. Hal ini disampaikan oleh Dr. Robertus Tang Herman, S.E., M.M., selaku Direktur Kampus BINUS @Malang.
Teknologi digital telah membawa revolusi besar dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, di sisi lain, teknologi ini juga memunculkan tantangan psikologis yang signifikan.
Dampak negatif seperti stres, kecemasan, dan kecanduan teknologi menjadi isu yang semakin mendesak untuk diatasi. Oleh karena itu, tenaga kerja di era digital perlu memahami bagaimana ilmu psikologi dapat diterapkan untuk mendukung produktivitas dan inovasi.
Program Digital Psychology di BINUS @Malang hadir sebagai jawaban atas kebutuhan ini. Program ini memberikan pengetahuan dan keterampilan yang relevan kepada para mahasiswa.
Program ini juga dirancang untuk membekali mereka dengan kemampuan untuk mengembangkan teknologi yang inovatif dan berkelanjutan. Selain itu, program ini juga menekankan pentingnya inovasi yang beretika dan memperhatikan kesejahteraan mental pengguna.
“Program Digital Psychology di BINUS @Malang memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mempelajari bagaimana psikologi dan teknologi digital saling terhubung,” ujar Dr. Ir. Derwin Suhartono, S.Kom., MTI. Program ini menekankan pentingnya memahami perilaku manusia melalui big data dan AI.
Penggunaan teknologi juga diperlukan untuk mengatasi isu-isu psikologis yang muncul akibat paparan teknologi. Lulusan dari program ini akan dibekali dengan kemampuan untuk menciptakan solusi teknologi yang dapat membantu dalam pengembangan terapi berbasis digital.
Selain itu, mereka juga akan memiliki keterampilan dalam mengembangkan alat pemantauan kesehatan mental dan sistem intervensi psikologis yang lebih akurat. Sesi ini menjadi penegasan akan pentingnya kolaborasi antara psikologi dan teknologi.
Peluncuran program Digital Psychology ini juga mencerminkan komitmen BINUS @Malang dalam memberdayakan masyarakat. Mereka juga ingin memajukan bangsa melalui pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman.
“Kami sangat menyambut baik hadirnya program Digital Psikologi di BINUS @Malang,” ujar Dr. Elisa Carolina Marion, S.S., M.Si. Program ini menjadi jembatan penting antara ilmu psikologi dan computer science.
Para mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menciptakan solusi inovatif. Solusi tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar Jawa Timur hingga Indonesia Timur.
Dengan adanya beasiswa 100% bagi calon mahasiswa yang berprestasi, BINUS @Malang berkomitmen untuk mendukung generasi muda yang memiliki potensi besar. Mereka berharap generasi ini mampu membangun masa depan yang lebih baik melalui digitalisasi psikologi.
BINUS @Malang terus berusaha menyesuaikan kurikulumnya dengan perubahan cepat dalam dunia teknologi. Tujuannya agar dapat memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan Indonesia.
Program studi ini diharapkan dapat mendorong inovasi teknologi yang tidak hanya canggih, tetapi juga selaras dengan kebutuhan psikis manusia. Acara ini menandai komitmen BINUS @Malang dalam mengembangkan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
Acara ini juga diharapkan dapat menjembatani perkembangan teknologi dengan kesejahteraan mental. Mereka berharap dapat menciptakan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik.
Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES